LAYANAN

Orientasi layanan perpustakaan harus didasarkan pada kebutuhan pemustaka. Layanan yang humanis dan bersahabat akan memberikan nilai dan kesan tersendiri bagi pemustaka sehingga berdampak pada kepuasan pemustaka dan meningkatnya minat pemustaka untuk  berkunjung keperpustakaan. pelayanan yang baik merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah perpustakaan, dengan sistem layanan yang mudah dan terukur maka sumber daya yang dimiliki perpustakaan berupa informasi dan ilmu pengetahuan akan terdistribusi dengan baik kepada para pemustaka.

Untuk memudahkan pemustaka dalam mengakses informasi, perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta menganut sistem akses terbuka, dimana pemustaka dapat mencari informasi secara mandiri dengan dibantu dengan alat telusur informasi.

Keunggulan dari sistem akses terbuka adalah pemustaka lebih leluasa dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Pelayanan di Perpustakaan Univeristas PGRI Yogyakarta  secara umum terbagi menjadi tiga jenis yaitu; Layanan Teknis, Layanan Pemustaka, dan layanan Administratif.

Jam Buka Layanan Perpustakaan
Hari                             Jam
Senin-Jumat              08.00-16.00 WIB    
Sabtu & Minggu         Tutup 

Tata Tertib Perpustakaan UPY

A. Tata Tertib Masuk

1. Melakukan scaning kartu anggota pada saat masuk ruang perpustakaan

2. Dilarang merokok, makan, dan minum di ruang perpustakaan

3. Pengunjung wajib berpakaian rapi dan sopan

4. Menjaga kebersihan ruang perpustakaan

5. Menjaga ketenangan di ruang perpustakaan

6. Menitipkan Tas, jaket, dsb. di locker

7. Kartu Anggota tidak boleh dipergunakan oleh orang lain

B. Tata Tertib Layanan Koleksi Sirkulasi

1. Meminjam maksimal 2 buku dalam jangka waktu 1 minggu

2. Bagi yang merusak dan atau menghilangkan buku pinjaman harus mengganti dengan buku yang sama (minimal tahun terbitan yang sama atau sesudahnya

3. Bagi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman, wajib membayar denda keterlambatan sesuai dengan aturan yang berlaku