Profil
UPT Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta berdiri bersamaan dengan lembaga induknya yaitu IKIP PGRI Yogyakarta pada tanggal 11 Desember 1962, seiring perkembangannya, IKIP PGRI Yogyakarta beralih bentuk menjadi Universitas PGRI Yogyakarta pada tanggal 25 Juni 1997 berdasarkan SK. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud No.180/DIKTI/Kep/1997.
Pada masa rintisannya UPT perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta menempati sebuah ruang di gedung B kampus unit 1 (saat ini dipergunakan untuk kantor Prodi Pend. Sejarah), kemudian pada akhir tahun 2011 perpustakaan berpindah ke gedung baru yang berlokasi di lantai satu auditorium Universitas PGRI Yogyakarta yang diresmikan pada tanggal 14 Januari 2012 oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof.Dr.Ir. Djoko Santoso, M.Si.
Visi Kami
Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta menjadi pusat ilmu pengetahuan, pembelajaran, penelitian serta publikasi ilmiah bagi sivitas akademika dan mendukung lembaga dalam menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompetitif, profesional, memiliki komitmen nasional dan berwawasan global
Misi Kami
Mengembangkan perpustakaan berbasis teknologi informasi
Memberikan kemudahan dalam akses informasi dan publikasi karya ilmiah
Mengusung konsep layanan profesional dan bersahabat
Ikut serta dalam upaya memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa
Kebijakan Perpustakaan
Dalam melaksanakan operasionalnya perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta memiliki kebijakan-kebijakan yang berfungsi sebagai acuan untuk mewujudkan visi dan misi perpustakaan. Kebijakan perpustakaan dibuat oleh internal perpustakaan maupun dari pihak lembaga. Kebijakan perpustakaan dibuat dalam bentuk Standart Operational Procedure (SOP) yang disusun dengan tujuan untuk memandu operasional bagi pustakawan maupun pemustaka.
Perpustakaan memiliki beberapa jenis SOP yang meliputi:
1. SOP Pengadaan koleksi
2. SOP Pengolahan koleksi
3. SOP layanan Sirkulasi, Referensi, dan Serial
4. SOP keanggotaan
5. SOP bebas pustaka
SOP tersebut terus mengalami pengembangan dan menyesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan agar tercipta layanan yang stabil, efisien, dan humanis. Sehingga diharapkan dengan adanya SOP yang jelas dan berkelanjutan akan berdampak pada kualitas layanan prima bagi pemustaka. Konsep layanan berbasis user friendly (bersahabat) yang diterapkan di perpustakaan UPY bertujuan agar pemustaka merasa nyaman dan memiliki rasa peduli terhadap perpustakaan sehingga akan meningkatkan minat jumlah kunjungan pemustaka ke perpustakaan.
Struktur Organisasi
Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis yang memiliki struktur organisasi dalam hirarki kelembagaan yang memiliki pertanggungjawaban kepada rektor Universitas PGRI Yogyakarta.